ORARI Jakarta Selatan dan RS Premier Bintaro Mendukung InaSET 2020

Pada tanggal 10 Oktober 2020, ORARI Pusat mengadakan simulasi dukungan komunikasi bencana yang disebut Indonesia Simulated Emergency Test (InaSET) 2020. Acara ini dilaksanakan serentak bersama ORARI Daerah dan ORARI Lokal di seluruh Indonesia.

ORARI Lokal Jakarta Selatan mendukung pelaksanaan InaSET 2020 di bawah koordinasi ORARI Daerah DKI Jakarta. Dalam simulasi ini, ORARI Lokal Jakarta Selatan mendukung penanganan bencana banjir yang kerap terjadi di Jakarta.

Kegiatan InaSET 2020 ORARI Lokal Jakarta Selatan dipusatkan di RS Premier Bintaro, dipimpin oleh KABAG CORE Lokal Jakarta Selatan, OM Daniel I Sitompul (YBØDIS), dan diikuti oleh OM Rifalino Bachtiar (YCØOTR), OM Handito (YDØATF), OM Bambang Feryanto (YDØAVX) dan OM Benny Chandra (YCØSPU). Dalam simulasi ini, ORARI Jakarta Selatan juga melakukan simulasi membangun stasiun komunikasi darurat. Dalam waktu beberapa jam, tim ORARI Jakarta Selatan bisa membangun stasiun DUKOM dengan radio HF dan radio VHF di rooftop RS Premier Bintaro.

Setelah stasiun DUKOM beroperasi, tim ORARI Lokal Jakarta lalu melanjutkan simulasi dengan menerima laporan bencana dari OM Meizon (YBØMEI). OM Meizon melaporkan kejadian tanggul jebol di kompleks perumahan IKPN. Setelah lapooran dicatat, Tim DUKOM ORARI Lokal Jakarta Selatan lalu meneruskan laporan tersebut ke ODJ. Latihan dilanjutkan dengan follow up perkembangan dilapangan dengan YBØMEI.

Simulasi lalu dilanjutkan dengan dengan tim Indonesia Offroad Federation (IOF), diwakili oleh OM Handito YDØATF, yang mengirimkan tim lengkap dengan perahu karet. Laporan ini juga disampaikan oleh OM Bambang YDØAVX kepada stasiun ORARI Daerah DKI Jakarta.

Di akhir kegiatan simulasi, tim CORE mencoba repeater emergency ORARI Lokal Jakarta Selatan. Repeater dioperasikan dari rooftop RS Premier Bintaro. Beberapa rekan dari Jakarta Selatan turut mencoba dan memberikan laporan penerimaan, yaitu YBØDOS dari CInere, YBØHJW dari Ciganjur dan YCØACH dari Legok

Seluruh tim CORE, pengurus dan anggota ORARI Lokal Jakarta Selatan mengucapkan banyak terima kasih kepada RS Premier Bintaro atas dukungan hingga acara InaSET 2020 ORARI Lokal Jakarta Selatan bisa terlaksana dengan baik.

Foto-foto oleh: YDØATF